Ini Ciri-ciri Orang Tua Bisa Durhaka

Ini Ciri-ciri Orang Tua Bisa Durhaka

Radarcirebon.com - Tanpa disadari kita menuntut anak untuk ditak durhaka terhadap orang tua. Namun siapa sangka bahwa orangtua ternyata bisa durhaka ke anak.

Hal tersebut diungkapkan oleh ustaz Ayang Utriza Yakin, PhD diakun Twitternya. Pria yang juga lulusan Fakultas Syariah IAIN Syarif Hidayatullah ini menjelaskan banyak faktor yang membuat orangtua bisa menjadi durhakan terhadap anak-anaknya.

\"Ratusan pertanyaan masuk yg isinya hampir semua sama \'apakah ada orangtua yg durhaka?\', Jawaban sy: YA. Adakah dalilnya? \'ya, banyak baik dari Alquran & hadis,\" ungkapnya.

Siapakah Orangtua Durhaka?

Ustaz Ayang pun menjelaskan penyebab seseorang menjadi orangtua yang durhaka. Pertama, yaitu orangtua yang memberi nafkah untuk anaknya dari hasil kerja/ usaha yang haram.

BACA JUGA:

\"Korupsi, rampok, nyuri, jambret, malak, balak hutan, narkoba,\" tulisnya.

Lalu kedua, orangtua yang durhaka yaitu mereka yang tidak memberikan teladan baik ke anak-anaknya. Seperti mencontohkan salat, berpuasa, mengaji dan mengenal Islam.

Membiarkan dan Merendahkan Anak
Bagi orangtua, jangan pernah mengucapkan kata kasar apalagi sampai menghina dan merendahkan. Hal tersebut sudah termasuk sikap durhaka dan sangat merusak mental anak. Ustaz Ayang juga mengingatkan hal tersebut, kalau orangtua yang durhakan adalah yang merendahkan anak sendiri\"

Berita berlanjut di halaman berikutnya…

BACA JUGA:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: